SEGALA SESUATU TENTANG HANDPHONE
NOKIA                     SONY ERICSSON                     SAMSUNG                     MOTOROLA                     LG                     BLACKBERRY

Jumat, 25 November 2011

perbedaan "symbian" dan "java" pada handphone

    Di masa kini seiring semakin banyaknya model-model handphone yang telah beredar di pasaran, ternyata masih banyak sekali para pengguna handphone yang masih bertanya-tanya tentang apa itu symbian? apa itu java?
di sini, saya mencoba mengupas apa itu symbian dan java

     symbian adalah OS(sistem operasi) pada handphone yang artinya adalah sistem kerja hanphone tersebut beroperasi/ bekerja dengan menggunakan sistem symbian tersebut (seperti hal nya windows ato linux pada komputer)
kelebihan hanphone ber-OS symbian adalah : hanphone-handphone tersebut multitasking, yaitu memiliki kemampuan untuk membuka fitur-fitur hanphone secara bersamaan, namun perlu di ingat bahwa kecepatan nya dipengaruhi oleh RAM yang mensupport perangkat hardware tersebut.
selain itu, secara tampilan/ grafis, symbian lebih unggul dibandingkan dengan ponsel-ponsel java (kita bisa membandingkannya pada game-game yang ada di dalam symbian dan java)
format aplikasi atau game yang bisa di operasikan di handphone symbian biasanya adalah "jar" atau "sis"
namun, disisi lain hanphone ber-OS symbian juga memiliki beberapa kelemahan, yaitu:
  1. karena system operasi nya terbuka, maka dia mudah terkena virus, seperti commwarrior, trojan, dll
  2. symbian bekerja secara sistem operasi, hal ini menyebabkan segala sesuatunya bekerja di bawah kendali sistem operasi tersebut, akibatnya handphone-handphone symbian biasanya mudah hank, lambat(lemot) seperti ketika kita menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya (membuka lagu, game, atau lainnya)
beberapa handphone symbian : nokia 6600, 7610, 3230, e63, dsb....


      java, lebih banyak orang mengenalnya sebagai OS (operating system), namun sebenarnya java pada handphone bukanlah sistem operasi tapi lebih tepat disebut sebagai pelengkap system pada perangkat handphone
anda bisa membuktikannya dengan menginstal aplikasi-aplikasi java ke dalam handphone yang tanpa dilengkapi dengan java, maka praktis aplikasi yang anda pasang tersebut tidak akan bisa berjalan pada handphone tersebut
aplikasi java ber format "jar"
conoh handphone java adalah : nokia 5200, 5300, 5310, 5610, 6300, dll....
handphone java lebih sulit terkena virus. karena dia bekerja secara tertutup, dan juga tidak mudah hank/ lemot seperti halnya yang dialami handphone- handphone ber OS symbian.
namun secara keseluruhan handphone java lemah dalam kekayaan menerima aplikasi-aplikasi, karena tidak semua aplikasi bisa di gunakan di handphone java

dengan demikian semoga pengetahuan ini bisa menjadi referensi bagi anda , sebelum anda membeli handphone...

1 komentar: